Fatnadila, Sri (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA PUTRI AS’AD KELAS VII A OLAK KEMANG KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Sri Fatnadila
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Swasta
Putri As‟Ad Kelas VII A Olak Kemang Kota jambi
Berdasarkan Hasil Observasi awal Dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak
dengan materi “Pengertian Akidah Islam dan Hubungan Iman, Islam dan Ihsan
kurang disukai siswa, karena banyak siswa menganggap bahwa mata pelajaran
Akidah Akhlak kurang menarik dan banyak mengerjakan tugas PR dirumah yang
di berikan oleh pendidik. Metode pembelajaran didalam kelas tidak bervariasi
pendidik hanya menjelaskan pembelajaran menggunakan metode konvesional
sehingga membuat pembelajaran kurang efektif dan membuat siswa merasa
jenuh.penelitian ini bertujuan untuk “Mengetahui hasil belajar siswa dengan
penerapan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran Akidah
Akhlak di kelas VII A Mts Putri As‟Ad Olak Kemang Kota Jambi.Penelitian ini
membahas tentang bagaiamana rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak di sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta Putri As‟Ad Olak
Kemang Kota Jambi Hal ini terjadi karena kurangnya metode pembelajaran yang
dilakukan oleh guru yang mengajar. Siswa seringkali bosan dan tidak dapat
menangkap materi saat guru menjelaskan karena metode yang digunakan tidak
menarik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar Siswa dalam menggunakan model pembelajaran
Quantum Teaching mata pelajaran Akidah Akhlak Model pembelajaran ini
merupakan model yang dapat meningkatkan fokus dan keaktifan siswa dalam
belajar .Kebehasilan belajar ditunjukkan pada setiap siklus, dimulai saat pra siklus
(observasi awal) nilai rata-rata siswa yang tuntas hanya 13,53% atau 4 orang dari
jumlah seleuruhan yakni 26 orang, sementara target pencapaian Kriteria
Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75. Pada siklus I nilai rata-rata siswa
meningkat menjadi 30,5% atau 10 orang tuntas dari jumlah keseluruhan. Pada
siklus II rata-rata ketuntasan kembali meningkat menjadi 80,76% atau 20 orang
tuntas dari jumlah keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model
pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
VII A sekolah Madrasah Tsanawiyah Swasta Putri As‟ Ad Olak Kemang Kota
Jambi Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar para guru dapat
menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil
belajar dalam pembelajaran.
KataKunci : Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk
meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 06:29 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 06:29 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2630 |