anggraini, ririn (2023) MELALUI KEGIATAN BERMAIN DAN BERNYANYI DAPAT MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD ANUGRAH BUNDA PUSARAN 8 KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan bahasa merupakan meningkatnya kemampuan
penguasaan alat komunikasi, baik alat komunikasi dengan cara lisan
maupun tertulis,namun pada permasalahan dilapanagan ditemukannya
anak yang masih sulit untuk berkomunikasi baik dengan teman sebaya
ataupun guru, serta guru baru menyiapkan media belajar disaat proses
belajar berlagsung. Dengan begitu perkembangan bahasa sangat penting
untuk dikembangkan dan sebagai salah satu kemampuan dasar yang
harus dimiliki anak sesuai dengan teori menurut Sabil Risaldy dan Mubiar
Agustin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan bermain dan
bernyanyi dalam mengembangkan bahasa anak usia anak usia 5-6 tahun.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan mengunakan metode pengumpulan data observasi,
wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi
data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan
keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan,
ketelitian pengamatan, dan melakukan konsultasi ke pembimbing.
Hasil penelitian tindakan kelas melalui kegiatan bermain dan
bernyanyi dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak usia 5-6
tahun PAUD Anugrah Bunda Pusaran 8, Pra Siklus 34.38 %, kemudian
dilakukan siklus 1 meningkat menjadi 52.54 %, karena masih belum
meningkat signifikan maka dilakukanlah siklus 2 dengan hasil 68.46 %,
dengan hasil itu peneliti masih melakukan siklus 3 untuk meningkatkan
perkembangan bahasa anak hasilnya adalah 81.64 %.Dapat disimpulkan
bahwa melalui kegiatan bermain dan bernyanyi dapat meningkatkan
perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di PAUD Anugrah Bunda
Pusaran 8. Berdasarkan penelitian ini implikasinya secara praktis dapat
digunakan sebagai bahan rujukan guru dalam kegiatan bermain dan
bernyanyi dalam proses pembelajaran pada lembaga PAUD.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan UIN STS Jambi |
Date Deposited: | 08 May 2025 04:12 |
Last Modified: | 08 May 2025 04:12 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/261 |