Rofingatun, Rofingatun (2025) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan Alam dan Sosial Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bungo. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Penelitian ini didasari dari observasi awal penelititian mengenai rendahnya motivasi
belajar IPAS pada siswa kelas IV MIN 2 Bungo. Adapun bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa serta untuk mengetahui penerapan
pendekatan CTL kelas IV dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bungo. Teknik penelitian ini menggunakan teknik
Penelitian tindakan kelas. Populasi pada penelitian ini sebanyak 27 siswa dari kelas IV.
Berdasarkan proses penelitian ini diperoleh data pada prasiklus kondisi motivasi belajar
siswa masih rendah yaitu dengan 2 siswa tuntas presentase 7,14% dengan kategori
“Motivasi Belajar Rendah” dengan nilai rata-rata 45,92% yang termasuk dalam kategori
“Motivasi Belajar Rendah”, akhir siklus I dengan 17 siswa tuntas persentase 62,96%
dengan kategori “Motivasi Belajar Sedang” dengan nilai rata-rata 71,77% yang termasuk
dalam kategori “Motivasi Belajar Tinggi”, pada akhir siklus II diperoleh semua siswa
tuntas persentase 100% dengan kategori “Motivasi Belajar Sangat Tinggi” dengan nilai
rata-rata 92,09% yang termasuk kategori “Motivasi Belajar Sangat Tinggi” atau
meningkat. Aktivitas mengajar guru dan belajar siswa siklus I yaitu 69,2% dengan
kategori “Sedang” dan aktivitas mengajar guru dan belajar siswa siklus II yaitu 89,7%
dengan kategori “Sangat Tinggi”. Hal ini menunjukkan telah terjadinya peningkatan pada aktivitas pembelajaran didalam kelas."
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto UIN Jambi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:42 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:42 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2607 |