Saputri, Lita (2025) Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy-syifa VI Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"ABSTRAK
Nama : Lita Saputri
Nim : 204210230
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar
Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy-Syifa VI Kota Jambi.
Penelitian ini membahas tentang Upaya Guru Dalam Menumbuhkan
Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Asy-Syifa VI Kota
Jambi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam
menumbuhkan kemandirian belajar siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)
Asy-Syifa VI Kota Jambi. Adapun Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari guru, siswa,
orang tua, dan kepala sekolah yang dipilih dengan teknik purposive sampling.
Jenis data yang dikumpulkan meliputi data primer berupa hasil wawancara
langsung dan data sekunder dari buku, jurnal, serta dokumen yang relevan. Teknik
analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan secara induktif. Untuk menjaga keabsahan data, digunakan teknik
perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan berbagai upaya untuk
menumbuhkan kemandirian belajar siswa, seperti pemberian motivasi, penugasan
individu, pembelajaran kelompok, refleksi belajar, serta menciptakan suasana
kelas yang mendukung. Langkah-langkah yang diterapkan guru antara lain
membangun hubungan emosional positif, memberikan tugas mandiri secara
bertahap, memberi tanggung jawab dalam kegiatan kelas, serta melatih
pengelolaan waktu. Selain itu, ditemukan bahwa kemandirian belajar siswa
dipengaruhi oleh faktor internal (motivasi, rasa percaya diri, dan kematangan
sosial) dan faktor eksternal (peran guru, dukungan keluarga, dan lingkungan
sosial). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran aktif guru, dukungan
dari keluarga dan lingkungan sekolah yang positif merupakan kunci penting
dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Meski telah diterapkan berbagai
strategi, pendampingan lanjutan masih diperlukan untuk mengoptimalkan hasil
yang dicapai."
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto UIN Jambi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:40 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:40 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2604 |