Wati, Listi Rizka (2025) Penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurun Najah. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurun Najah, Jambi, melalui penerapan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang ditandai dengan kurangnya keaktifan, perhatian, dan pemahaman terhadap materi, seperti terlihat dalam observasi awal yang menunjukkan siswa cenderung pasif, kurang memperhatikan pelajaran, mengalami kesulitan memahami materi ceramah dan tugas tertulis, serta kurangnya partisipasi aktif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, mengikuti model PTK Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas V MI Nurun Najah. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar, observasi aktivitas siswa, dan wawancara dengan guru dan siswa. Instrumen penelitian telah divalidasi olehdosen. Observasi menunjukkan kurangnya perhatian dan keaktifan siswa. Wawancara dengan guru mengungkapkan hambatan seperti keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan siswa, dan keterbatasan sumber belajar. Penerapan strategi CTL meliputi penyusunan modul ajar yang berfokus pada teks prosedur, penggunaan berbagai metode (ceramah, tanya jawab, diskusi, tugas individu dan kelompok), dan pemantauan aktif guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto UIN Jambi |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:38 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:38 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2602 |