PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP NEGERI 15 MUARO JAMBI

intan mustika, cahaya (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PERILAKU KEWIRAUSAHAAN SISWA SMP NEGERI 15 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team
Assisted Individualization (TAI) Terhadap Perilaku Kewirausahaan Siswa Sekolah
Menengah Pertama Negeri 15 Muaro Jambipada pokok bahasan sistem Persamaan
Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah
benar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) mampu membentuk perilaku kewirausahaan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian True
Experimental Design yaitu Posstest-Only Control Grup Design. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Total sampling dengan sampel penelitian ini
berjumlah 25 siswa kelas VIII.A sebagai Kelas Eksperimen dan 25 siswa kelas
VIII.B sebagai kelas Kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
teknik pengisian angket dengan jumlah 20 pertanyaan. Analisis pada penelitian ini
menggunakan uji

dan effect size. Dari hasil perhitungan uji-t diperoleh
5%

<
= 1,68 < 6,58, maka

diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan
antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dan hasil uji pengaruh (Effect Size)
dengan diperoleh 1,8 yang tergolong tinggi dengan persentase 96,4% (Tinggi).
Artinya bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku
kewirusahaan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Syariah
Depositing User: Perpustakaan UIN STS Jambi
Date Deposited: 08 May 2025 04:06
Last Modified: 08 May 2025 04:06
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item
View Item