Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK BARU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH KEDEMANGAN KABUPATEN MUARO JAMBI

Oktarisa, Pretty (2024) MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PESERTA DIDIK BARU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH KEDEMANGAN KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Pretty Oktarisa
NIM : 203200201
Fakultas / Prodi : Tarbiyah dan keguruan / Manajemen Pendidikan Islam
Judul : Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan
Minat Peserta Didik Baru di Madrasah Tsanawiyah Swasta
Tarbiyah Islamiyah Kedemangan Kabupaten Muaro Jambi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang faktor yang menyebabkan
turunnya minat, strategi pemasaran, dan Upaya sekolah dalam meningkatkan
minat peserta didik baru di MTs Swasta Tarbiyah Islamiyah Kedemangan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan
dokumentasi Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Kedemangan.
Penyajian data ini dilakukan dengan tujuan untuk menjawab pertanyaan peneliti
yang dilakukan ditempat penelitian. Analisis data dilakukan dengan tahapan yang
dimulai dari kondensasi data, pengumpulan data, penyajian data, dan kesimpulan.
Pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi dengan cara mengecek
kepada sumber yang sama dengan cara yang berbeda. Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini adapun faktor yang menyebabkan turunnya minat peserta didik
baru di MTs Swasta Tarbiyah Islamiyah Kedemangan yaitu kurangnya promosi
dan kurangnnya pendanaan dalam hal melaksanakan promosi, kurang kreatifnya
tim penerimaan peserta didik baru untuk menentukan calon peserta didik baru,
sehingga pelaksanaan strategi pemasaran di MTs Swasta Tarbiyah Islamiyah

Kedemangan menggunakan bauran pemasaran yang terdiri atas berbagai variabel-
variabel program pemasaran, yaitu produk, harga, lokasi, promosi, sumber daya

manusia, bukti fisik, dan proses jasa Pendidikan. Kemudian sekolah
mengupayakan peningkatan minat peserta didik baru di MTs Swasta Tarbiyah

Islamiyah Kedemangan dengan cara memperlihat atau menonjolkan kegiatan-
kegiatan yang membuat calon peserta didik sukai terutama tentang ekstrakurikuler

yang pertama ada pramuka dan kemudian ada hadroh. Serta adanya beasiswa
prestasi dan kedua adanya beasiswa tidak mampu, berharap agar para calon
peserta didik dapat berminat untuk memilih melanjutkan jenjang pendidikannya di
MTs Swasta Tarbiyah Islamiyah.
Kata kunci : Manajemen Pemasaran Pendidikan, Minat Peseta Didik Baru

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:18
Last Modified: 24 Jul 2025 04:18
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item
View Item