Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS V DI MI NURUL IMAN PEMATANG GAJAH MUARO JAMBI

Imelda, Suci (2024) PENERAPAN MODEL OPEN ENDED DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS V DI MI NURUL IMAN PEMATANG GAJAH MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Suci Imelda
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penggunaa Model Open Ended Dalam Pembelajaran

Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif
Siswa Kelas V di MI Nurul Iman Pematang Gajah Muaro Jambi

Skripsi ini membahas tentang penggunaan model open ended dalam
pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa
di kelas V MI Nurul Iman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan
kelas (PTK) dengan melalui II siklus atau putaran tindakan. Selain itu,
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non tes,
adapun instrumen tes yaitu berupa soal tes dengan model open ended yang
menggunakan indikator berfikir kreatif dan instrumen non tes yaitu berupa
lembar observasi pengamatan aktifitas guru dan aktifitas siswa selama
pembelajaran dengan model open ended. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
adanya peningkatan kemampuan berfikir kreatif dalam pembelajarn matematika
dengan menggunakan model open ended , hal ini dibuktikan dengan peningkatan
persentase hasil tes dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I hasil tes open ended
pada mata pelajaran matematika berdasarkan indikator berfikir kreatif pada
kategori sangat kreatif mendapatkan persentase 40,95% indikator orisinalitas,
52,2% indikator kelancaran, 68,18% indikator keluwesan dan 70,45% pada
indikator elaborasi sedangkan di siklus II indikator orisinalitas mendapatkan
persentase 75,45%, kelancaran 77,27%, keluwesan 80% dan 78,18% pada
indikator elaborasi. Selain itu aktivitas siswa juga menunjukkan respon positif,
Pada siklus I 60% siswa yang merespon positif dan di siklus II meningkat
menjadi 77,27% siswa yang merespon positif sehingga siswa tertarik dengan
penggunaan model ini. Peneliti menyarankan agar guru matematika di MI Nurul
Iman dapat menerapkan model ini agar siswa lebih tertarik dengan pembelajaran
matematika dan mendapatkan lebih dari satu cara penyelesaian permasalahan.
Kata Kunci : kemampuan berfikir kreatif, matematika, model open ended

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 24 Jul 2025 04:10
Last Modified: 24 Jul 2025 04:10
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item
View Item