Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 MUARO JAMBI

Nurrahma, Mifta (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Mifta Nurrahma
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Youtube Terhadap
Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam Kelas VII Mts Negeri 3 Muaro Jambi

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran video Youtube terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di
MTs Negeri 3 Muaro Jambi, pada kelas VII A tahun ajaran 2023/2024. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian
Control Group Pretest-Posttest design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 25
siswa dikelas eksperimen dan 25 siswa dikelas kontrol. Adapun instrumen pada
penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Excel. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa media video Youtube berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa kelas VII A MTs Negeri 3 Muaro Jambi. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil

perbandingan rata-rata Pretest dan Posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-
rata Prettest yang diperoleh kelas kontrol dalam aktivitas belajar mengajar mencapai 12

ceklis “Ya” dan Posttest pada kelas eksperimen mencapai 18 ceklis “Ya”. Untuk
persentase dari hasil belajar siswa pada soal Prettest di kelas kontrol mencapai 44,88%
dan posttest mencapai 86,04%, soal pretest pada kelas eksperimen mencapai 44,04%
dan posttest pada kelas eksperimen mencapai 86,04%. Dari hasil perhitungan uji
hipotesis dengan bantuan excel antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh
hasil bahwa nilai promablitas pada signifikasi (2-tailed) adalah 0,000. Hal tersebut
berarti bahwa signifikansi (2-tailed) < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal
tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video
youtube terhadap hasil belajar sejarah kebudayaan islam siswa kelas VII MTs Negeri 3
Muaro Jambi.

Kata Kunci: Video Youtube, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:59
Last Modified: 24 Jul 2025 03:59
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item
View Item