Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH PADA MASYARAKAT KELURAHAN KENALI BESAR KECAMATAN ALAM BARAJO

Irawan, Rian (2024) PENGARUH LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH PADA MASYARAKAT KELURAHAN KENALI BESAR KECAMATAN ALAM BARAJO. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang
pengaruh lokasi dan promosi terhadap minat menjadi nasabah bank syariah pada
masyarakat kelurahan kenali besar kecamatan alam barajo. Metode yang
digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif dan metode analisis data.
Metode penarikan sampel ini menggunakan rumus isaac & michael sehingga
mendapatkan Sampel sebanyak 260 responden masyarakat kelurahan kenali besar
dengan menyebarkan kiesioner skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
variabel Lokasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi
nasabah bank syariah. Berdasarkan pengujian uji t diketahui nilai t hitung sebesar
8,364 sedangkan nilai t tabel sebesar 1,969 menunjukkan bahwa 8,364 > 1,969,
dan taraf nilai signifikan 0,001 < 0,05, yang artinya Ha1 diterima dan Ho1 ditolak.
Promosi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi
nasabah bank syariah. Hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil uji t bahwa nilai t
hitung sebesar 0,801 sedangkan nilai t tabel sebesar 1,969 menunjukkan bahwa
0,801 < 1,969 dengan nilai signifikansi sebesar 0,424 > 0,05, yang artinya Ha2
ditolak dan Ho2 diterima. Lokasi (X1) dan promosi (X2) secara bersama-sama
berpengaruh signifikan terhadap minat menjadi nasabah bank syariah (Y) hal
tersebut dapat diketahui dari nilai signifikansi untuk lokasi dan promosi adalah
sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai f hitung > f tabel (35,406 >3,87). Maka dapat
disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dan pada hasil Adjusted R
Square (koefisien determinasi) nilai sebesar 0,692 atau 69,2%. Hal ini
menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen (X1) dan (X2) terhadap (Y)
memberikan pengaruh sebesar 69,2% dan sisanya sebesar 30,8% dipengaruhi
oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Lokasi, Promosi, Minat

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:42
Last Modified: 24 Jul 2025 03:42
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2560

Actions (login required)

View Item
View Item