Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN KELAS PADA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 127/III SUNGAI TANDUK KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI

Marlisa, Fenni (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN KELAS PADA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 127/III SUNGAI TANDUK KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

xi
Nama : Fenni Marlisa
Nim : 204201915
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Kreativitas Guru Dalam MemanfaatkanLingkungan
Kelas Pada Pembelajaran P5 Kurikulum Merdeka
Kelas IV SDN 127/IIISungai Tanduk.

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh seringkalinya perubahan kurikulum
dalam pembelajaran sehingga guru harus dituntut dapat menyesuaikan.
Tujuan penelitianingin mengetahui sejauh mana Kreativitas Guru Dalam
MemanfaatkanLingkunganKelas Pada Pembelajaran P5 Kurikulum Merdeka
Kelas IV SDN 127/IIISungai Tanduk. Penelitian ini termasuk dalam jenis
penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif.
Penelitian ini dilakukan di SDN 127/IIISungai Tanduk. Subjek penelitian
yaitu guru, dan siswa. Jenis datanya yaitu data primer dan sekunder. Sumber
datanya berupa manusia, suasana, foto. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik
pemeriksaan data yaitu perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan
triangulasi. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pertama
Kreativitas guru dalam memanfaatkan Lingkungan kelas pada pembelajaran
P5 Kurikulum Merdeka yaitu (1) Ide-ide Baru (2) Konsep Baru
(3)Menemukan hal Baru, Kedua Faktor- faktorpenghambat Kreativitas guru,
yaitu (1) Kurangnya kesadaran dari siswa untuk pentingnya dalam
pembelajaran P5, (2) kurangnya pemahaman dan pengetahuan tentang
perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Ketiga solusi Ada beberapa
solusi Mengatasi Faktor-faktor penghambat Kreativitas Guru yaitu: (1).
Memberikan motivasi kepada siswa, (2) Membantu pengembangan sifat-sifat
positif pada diri siswa seperti rasa percaya diri dan saling menghormati.
Kata Kunci : Kreativitas Guru, Memanfaatkan Lingkungan Kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:34
Last Modified: 24 Jul 2025 03:34
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

View Item
View Item