Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MIXUE DI KOTA JAMBI

Herman, Silvina (2024) PENGARUH SERTIFIKASI HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MIXUE DI KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Sertifikasi halal merupakan salah satu instrumen penting untuk memberikan
kepastian jaminan keamanan dan kehalalan suatu produk kepada masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sertifikasi
halal dan harga terhadap keputusan pembelian Mixue di Kota Jambi secara parsial
dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sertifikasi halal dan harga
terhadap keputusan pembelian Mixue di Kota Jambi secara simultan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan metode
analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji t dan uji f. Sampel
dalam penelitian ini adalah 96 sampel konsumen Mixue di Kota Jambi, dengan
menyebarkan kuesioner skala Likert. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa
sertifikasi halal (X1) terdapat pengaruh positif dan signifikansi terhadap
keputusan pembelian konsumen Mixue di Kota Jambi. Hal tersebut dapat
dibuktikan dengan hasil nilai t hitung < t tabel (6,814 > 1,986) dan nilai signifikansi
sebesar 0,00 > 0,05, yang artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Variabel
harga (X2) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan signifikansi terhadap
keputusan pembelian konsumen Mixue di Jambi. Hal tersebut dapat dibuktikan
dengan hasil nilai t hitung < t tabel (9,142 < 1,986) dan nilai signifikansi sebesar 0,00
> 0,05, yang artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sertifikasi halal dan harga
secara simultan atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikansi terhadap
keputusan konsumen Mixue di Kota Jambi. Hal tersebut diketahui nilai
signifikansi untuk sertifikai halal (X1) dan harga (X2) secara simultan terhadap
keputusan pembelian (Y) pada konsumen Mixue di Kota Jambi sebesar 0,00 <
0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel (94,006 > 3,943). Maka dapat disimpulkan bahwa Ha

diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini variabel-
variabel tersebut valid dan reliabel. Pada pengujian asumsi klasik penelitian ini

berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan multikolinearitas.
Kata kunci : Sertifikasi Halal, Harga, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:26
Last Modified: 24 Jul 2025 03:26
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2554

Actions (login required)

View Item
View Item