Sarina, Sarina (2024) P E N ER A PA N M E T ODE MA K E A MAT C H UN TU K MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH KEDEMANGAN KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Sarina
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH
TSANAWIYAH SWASTA TARBIYAH ISLAMIYAH
KEDEMANGAN
Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII B MTs S Tarbiyah Islamiyah
Kedemangan dalam pembelajaran fiqih adalah rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran fiqih dikarenakan guru kurang bervariasi dalam menggunakan
metode pembelajaran dan waktu pembelajaran yang kurang efektif. Suasana
pembelajaran masih monoton sehingga siswa masih terlihat pasif dan kurang
antusias ketika mengikuti pembelajaran.
Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sumber data
dari penelitian ini ialah subjek penelitiannya adalah guru bidang studi Fiqih dan
objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs S Tarbiyah Islamiyah
Kedemangan, metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dokumentasi, dan tes.
Proses penerapan metode pembelajaran Make a Match dapat diketahui hasil
belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 16% siswa yang berhasil kemudian
peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I mengalami Peningkatan sebanyak
58% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 42%. Selanjutnya di Siklus II hasil
belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan yakni sebanyak 84% dan
siswa yang belum tuntas sebanyak 16%, maka dalam hal ini dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut,” Terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui
penerapan metode pembelajaran make a match pada pembelajaran fiqih kelas VIII
B MTs S Tarbiyah Islamiyah Kedemangan.”
Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Make A Match, Fiqih.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:19 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:19 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2552 |