Saputri, Messy (2024) PENERAPAN METODE SORONGAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Messy Saputri
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Metode Sorongan Dalam Pembelajaran Fiqih
Pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Muaro
Jambi
Latar belakang masalah yang terjadi di sekolah MTsN 3 Muaro Jambi yaitu
rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih yang disebabkan
menggunakan metode dan media yang sangat sederhana, sehingga menjadi
monoton dan tidak efektif. Tujuan dari peneliti yaitu ingin mengetahui lebih
dalam dan menerapkan metode pembelajaran baru yaitu metode sorongan
sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) yang diselengkarakan secara kolaboratif. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VII B MTsN 3 Muaro Jambi . desain penelitian ini
mengacu pada desain pada penelitian tindakan kelas menurut Kurt Lewin yaitu
meliputi empat tahapan yaitu: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Pengamatan dan 4)
Refleksi. Data yang diperoleh dengan menggunakan: perangkat penelitian, lembar
angket,lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menjukkan bahwa
dengan menerapkan metode sorongan meningkatkan minat belajar siswa. Dilihat
dari setiap lembar observasi minat siswa yang dilakukan pada saat pra siklus,
siklus I dan siklus II dengan presentase ketuntasan awal pra siklus sebesar 45%
pada siklus I pertemuan pertama 54,3% dan pada pertemuan kedua meningkat
mencapai 60,6%. Pada siklus II pada pertemuan pertama 70% dan menjadi 82%
pada siklus II pertemuan kedua. Dengan demikian hasil penelitian di sekolah
MTsN 3 Muaro Jambi telah tercapai dengan baik.
Kata kunci: Minat Belajar, Metode Sorongan, Fiqih
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:17 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2551 |