Enggriyani, Elsy (2024) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQH KELAS XI MADRASAH ALIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Elsy Enggriyani
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul :“Penggunaan media pembelajaran Audio Visual dalam
meningkatkan hasil belajar Fiqh kelas XI Madrasah Aliyah
Nururrodhiyah Kota Jambi”
Skripsi ini membahas tentang penggunaan media Audio Visual dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh di kelas XI IPS
Madrasah Aliyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan
model penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang tahapannya adalah
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data yang
dilakukan yaitu dengan teknik observasi, wawancara, soal tes dan dokumentasi.
Hasil belajar siswa kelas XI IPS setelah penggunaan media Audio Visual pada
mata pelajaran Fiqh, khususnya pada materi tentang Pernikahan dalam Islam
menunjukkan peningkatan. Pada pra siklus persentase nilai ketuntasannya ialah
31,8%, kemudian pada siklus I persentase ketuntasanya menjadi 54,5%, lalu pada
siklus II persentase nilai ketuntasannya meningkat menjadi 82%. Nilai rata-rata
pada pra siklus yaitu 67,7 nilai rata-rata siklus I meningkat menjadi 77 dan nilai
rata-rata pada siklus II meningkat juga sebesar .82,9 Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, maka penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Fiqh di kelas XI IPS Madrasah Aliyah Nururrodhiyah
Kota Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan media Audio
Visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh
Kata kunci: Media Audio Visual, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 03:15 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 03:15 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2550 |