Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

STRATEGI PEMASARAN UMKM PADA KOPI BUBUK KAWAN DIKABUPATEN SAROLANGUN

Putika, Lili (2024) STRATEGI PEMASARAN UMKM PADA KOPI BUBUK KAWAN DIKABUPATEN SAROLANGUN. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang di
terapkan oleh UMKM Kopi Bubuk Kawan serta apa kendala UMKM Kopi Bubuk
Kawan dalam menerapan strategi pemasaran, penelitian ini berjenis kualitatif.
Objek penelitian ini yaitu operasional staff dan marketing staff serta pengunjung
UMKM Kopi Bubuk Kawan. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data
primer dan data skunder. Dengan melakukan metode analisis data yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi secara personal, kemudian data diolah dengan teknik
pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Strategi pemasaran yang
dilakukan yaitu dengan menerapkan bauran 4P atau Product, price, place dan
promotion. yang dilakukan memang belum sepenuhnya memberikan dampak baik
kepada UMKM Kopi Bubuk Kawan tersebut, karena memang belum adanya
peningkatan penjualan yang melonjak tinggi, namun jika hal tersebut dilakukan
terus menerus dengan baik maka hal tersebut akan memberikan dampak positif
untuk kemajuan UMKM Kopi Bubuk Kawan tersebut. Kendala yang dihadapi
oleh UMKM Kopi Bubuk Kawan merupakan tantangan bagi UMKM Kopi Bubuk
Kawan itu sendiri. Kendala yang dihadapi merupakan kendala internal dan
kendala eksternal. Kendala internal yang didapatkan yaitu terkiat kekurangan
modal dan penetapan harga, sedangkan kendala eksternal yaitu pesaing bisnis
yang sama.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran dan Kendala

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 24 Jul 2025 03:12
Last Modified: 24 Jul 2025 03:12
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2549

Actions (login required)

View Item
View Item