Neliana, Neliana (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS METODE ILMIAH PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU RAHMATUL UMMAH KABUPATEN SAROLANGUN. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Neliana
Nim : 204200081
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Judul Skripsi : Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Praktikum
Berbasis Metode Ilmiah Pada Pembelajaran IPA di Kelas V
Sekolah Dasar Islam Terpadu Rahmatul Ummah Kabupaten
Sarolangun.
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan
keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran Ilmupengetahuan Alam (IPA)
kelas V B di sekolah dasar islam terpadu Rahmatul ummah kabupaten
sarolangun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Penelitian
ini memfokuskan pada proses pembelajaran IPA dengan menggunakan penerapan
kegiatan pratikum berbasis metode ilmiah. Teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, angket (kuisioner) dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan analisis deskriptif, sumber data menggunakan sumber data primer
dan skunder. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri
dari dua pertemuan. Pada awal observasi peneliti menemukan keterampilan proses
sains belajar siswa yang masih rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan kegiatan pratikum berbasis metode ilmah dapat meningkatakan
keterampilan proses sains belajar siswa dalam proses pembelajaran, ini dapat
dilihat dari siklus I dan siklus II
Kata Kunci : Kegiatan Pratikum, Metode Ilmiah, Keterampilan Proses Sains
Siswa IPA
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 24 Jul 2025 02:40 |
Last Modified: | 24 Jul 2025 02:40 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2541 |