Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA - SISWI DI MADRASAH TSANAWIYAH ASAS ISLAMIYAH KOTA JAMBI

Alazrah, Meza (2025) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN PADA SISWA - SISWI DI MADRASAH TSANAWIYAH ASAS ISLAMIYAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Meza Alazrah
Nim : 201210243
Judul : Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada
Siswa-Siswi Di Mts Asas Islamiyah Kota Jambi
Kemampuan membaca Al-Qur'an merupakan keterampilan dasar yang harus
dimiliki oleh setiap Muslim. Kemampuan membaca Al-Qur'an di tingkat MTs
masih perlu ditingkatkan karena banyak siswa yang belum lancar sesuai kaidah
tajwid. Dalam hal ini, peran guru sangat penting dalam menerapkan strategi
pembelajaran yang efektif untuk membantu siswa menguasai keterampilan
membaca Al-Qur’an dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis

strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-
Qur’an pada siswa MTs Asas Islamiyah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan

metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa
guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran, di antaranya metode talaqqi
(guru membaca, siswa menirukan), serta Metode Bagdadiyah (metode ini dimulai
dengan mengajarkan huruf hijaiyah, mulai dari alif sampai ya’). Sebagai peneliti
disini berdasarkan studi lapangan terdapat beberapa kendala dari guru, seperti
perbedaan tingkat kemampuan siswa, keterbatasan waktu pembelajaran, serta
kurangnya dukungan dari lingkungan keluarga. Untuk mengatasi kendala tersebut,
guru melakukan pendampingan tambahan, melibatkan siswa yang lebih mahir
dalam membantu teman-temannya, serta menjalin kerja sama dengan orang tua
agar siswa mendapatkan bimbingan membaca Al-Qur’an di rumah. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru memiliki
peran yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an
siswa. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam metode pengajaran, peningkatan
keterlibatan orang tua, serta dukungan dari madrasah agar proses pembelajaran
lebih efektif dan berkelanjut
Kata Kuci : Strategi Guru, Membaca Al-Qur'an, Metode Pembelajaran,
Madrasah Tsanawiyah.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:41
Last Modified: 23 Jul 2025 06:41
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item
View Item