Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS)

Walanda, Rina (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS). Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Rina Walanda
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)
Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas VI pada Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial

Skripsi ini membahas tentang penggunaan model pembelajaran Project Based
Learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial untuk
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SDN 027/XI Kampung Diilir.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menerapkan II siklus atau putaran tindakan. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan instrument tes dan instrument non tes. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Dan Sosial dengan menggunakan model Project Based
Leaning (PjBL), hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase hasil tes dari
siklus I ke siklus II. Pada siklus I hasil tes pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam Dan Sosial pada siklus I dengan hasil penelitian 50 %, kemudian pada
siklus II menjadi 83,3%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
menerapakn model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
Kata kunci :hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial, Model Project
Based Learning

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:37
Last Modified: 23 Jul 2025 06:37
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2523

Actions (login required)

View Item
View Item