Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP APLIKASI TIKTOK SEBAGAI SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 BATANG HARI PROVINSI JAMBI

Nugroho, Wahyu (2025) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP APLIKASI TIKTOK SEBAGAI SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 17 BATANG HARI PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Wahyu Nugroho
NIM : 201210299
Jurusan/Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Aplikasi
Tiktok Sebagai Sumber Media Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17
Batanghari Provinsi Jambi.

Dalam era dunia digital sekarang ini,kehadiran teknologi informasi sebagai media
pembelajaran menjadi sangat penting, untuk meningkatkan efektifitas proses
pembelajaran. Salah satu aplikasi yang digandrungi oleh berbagai kalangan
termasuk peserta didik saat ini adalah Tiktok, yaitu aplikasi video singkat yang
kini kian mendunia. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi guru
Pendidikan Agama Islam Terhadap aplikasi Tiktok sebagai media pembelajaran
Pendidikan Agama Islam, faktor-faktor yang melatarbelakangi persepsi tersebut
serta saran dan rekomendasi dari Guru Pendidikan Agama Islam terhadap
penggunaannya dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 17 Batanghari. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan persepsi
guru Pendidikan Agama Islam terhadap aplikasi Tiktok sebagai media
pembelajaran Pendidikan Agama islam, memiliki perbedaan persepsi. Adapun
perbedaan tersebut yaitu sebagian guru memiliki persepsi positif terhadap tiktok
dalam meningkatan minat belajar siswa, seperti menyampaiakn materi secara
kreatif dan menarik. Namun, ada juga persepsi negatif yakni konten-konten yang
tidak sesuai dengan ajaran islam, serta distraksi yang dialami siswa saat
menggunakan Tiktok, Kemudian saran dan rekomendasi dalam penggunaan
Tiktok sebagai media pembelajaran diantaranya perlunya pengawasan,
penyesuaisan materi. Serta arahan dan batasan penggunaan aplikasi Tiktok.
Kata Kunci : Persepsi, Tiktok, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:24
Last Modified: 23 Jul 2025 06:24
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2518

Actions (login required)

View Item
View Item