Jaya Persada, Putra Anugra (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA LABORATORIUM KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Putra Anugra Jaya Persada
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Metode Pembelajaran Tipe Team Quiz Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Akidah Akhlak Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah
Swasta Laboratorium Kota Jambi
Pembelajaran Akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Swasta
Laboratorium Kota Jambi selama ini cenderung lebih banyak mengembangkan
kemampuan mendengar materi pelajaran. Selama ini siswa belum terbiasa belajar
sendiri. Pengajaran Akidah akhlak terus berpusat pada guru dan menggunakan
teknik konvensional, seperti Metode ceramah. Ketika anak-anak sedang belajar,
mereka sering kali lebih terlibat dalam mencatat, mendengarkan, menanggapi
pertanyaan dari guru, dan menyelesaikan lembar kerja. Hal ini berdampak pada
rendahnya hasil belajar dan menjadi salah satu penyebab banyaknya nilai siswa
yang masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain tindakan model
arikunto. Rancangan kegiatan yang digunakan pada penilitian ini adalah
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan , dan refleksi. Selanjutnya hasil belajar
siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Tipe Team Quiz di kelas VIII C
Madrasah Tsanawiyah Swasta Laboratorium yang diperoleh darri memberikan
beberapa soal tes yang berupa pilihan ganda yang berjumlah 10 soal dengan kriteria
ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Diperoleh hasil pada
siklus I terdapat 12 peserta didik yang tuntas dari 22 peserta didik dengan perolehan
nilai 55% dan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 10 peserta didik dengan
nilai rata-rata yaitu 45%, maka hasil belajar siswa pada siklus I masih kurang oleh
karena itu peneliti melakukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II mengalami
peningkatan yaitu, siswa yang tuntas pada siklus II sebanyak 19 siswa dengan nilai
86% ada 3 siswa yang tidak tuntas dengan rata-rata 14%. Berdasarkan grafik di atas
menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar Akidah Akhlak siswa dengan
menggunakan Metode Pembelajaran Tipe Team Quiz di kelas VIII C Madrasah
Tsanawiyah Swasta Laboratorium Kota Jambi.
Kata Kunci : Tipe Team Quiz, Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 06:16 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 06:16 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2515 |