Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS IX DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI

Rizki Kurniawan, Rananda (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI KELAS IX DI SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Rananda Rizki Kurniawan
NIM : 201210273
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX Di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 1 Muaro Jambi.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Bagaimana Langkah-langkah proses penerapan model
pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti kelas IX di
SMP Negeri 1 Muaro Jambi (2) Bagaimana Pengaruh penerapan model pembelajaran
discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan
budi pekerti kelas IX di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali
pertemuan, dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A
SMPN 1 Muaro Jambi yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah lembar observasi guru dan peserta didik, lembar tes yang diberikan
kepada peserta didik setelah pembelajaran (post test) dan dokumentasi. Data yang
didapatkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptif (persentase) dan nilai
rata-rata (mean). Penelitian ini dilakukan dari tanggal 20 Februari 2025 sampai dengan 18
Maret 2025. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari hasil siklus I dan II yaitu: aktivitas
guru/peneliti pada siklus I dengan persentase 74,31% (baik) dan pada siklus II mengalami
peningkatan 88,00 % (sangat baik). Aktivitas peserta didik pada siklus I dengan
persentase 75% (baik) sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan persentase
89,28% (sangat baik). Hasil post test pada siklus I peserta didik yang mencapai KKM
berjumlah 22 peserta didik atau 68,75% dengan nilai rata-rata 74,31% kemudian pada
siklus II peserta didik yang mencapai KKM meningkatan menjadi 27 peserta didik atau
84,38 % dengan nilai rata-rata 88,00%. Maka dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI dan budi pekerti
peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Jambi.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:13
Last Modified: 23 Jul 2025 06:13
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2514

Actions (login required)

View Item
View Item