Anizan, Mas (2025) PENERAPAN STRATEGI COURSE REVIEW HORAY (CRH) MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Mas Anizan
Nim : 204210174
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Srategi Course Review Horay (CRH) mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk meningkatkan
hasil belajar Madrasah Ibtidaiyah Tabiyah Islamiyah Kota
Jambi
Penelitian ini membahas tentang penerapa strategi course review horay
(CRH) mata pelajaran ilmu pengetahuan alam untuk meningkatkan hasil belajar
madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penelitian
tindakan kelas (PTK). Dengan subjek siswa kelas V di MI Tarbiyah Islamiyah
Kota Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
strategi Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yang
ditunjukkan melalui peningkatan motivasi, keaktifan, serta tanggung jawab siswa
dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada
peningkatan hasil belajar dari kegiatan siklus I dan siklus II. Pada siklus I
persentase 74,38% meningkat pada siklu II dengan persentase ketuntasan
83,75%. Pada lembar tes hasil belajar siswa pada siklus I hanya 50% dari 16 siswa
dan meningkat pada siklus II menjadi 87,5% (14 siswa) sedangkan persentase
tidak tuntas hanya menjadi 12,5% (2 siswa). Hasil penelitian pada siklus II
membuktikan dikatakan dalam kategori tuntas sehingga tindakan penelitian
dihentikan untuk siklus berikutnya. Oleh karena itu, penerapan strategi course
review horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa kela V MI tarbiyah
Islamiyah Kota Jambi.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Course Review Horay, Hasil Belajar, Ilmu
Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 04:04 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 04:04 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2511 |