Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENANTI DESA MERIBUNG KECAMATAN LIMUN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

Monalisa, Elni (2025) PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENANTI DESA MERIBUNG KECAMATAN LIMUN KABUPATEN SAROLANGUN PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Elni Monalisa
Program Studi : Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Judul : Penerapan Permainan Puzzle Angka Dalam Mengembangkan
Kemampuan Kognitif Di Pendidikan Anak Usia Dini Menanti
Desa Meribung Kecamatan Limun Kabupaten Sarolangun
Provinsi Jambi.

perkembangan kognitif anak usia dini merupakan fondasi penting bagi
pembelajaran di masa depan. Salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan
kemampuan kognitif pada anak usia dini adalah melalui permainan yang
mendukung pembelajaran aktif, seperti permainan konstruktif menggunakan
puzzle. Puzzle memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan kognitif, seperti
pemecahan masalah, kreativitas, dan keterampilan motorik halus. Terlebih lagi
guru yang jarang menggunakan media puzzle disaat mengajar. Adapun tujuan
penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kognitif anak usia dini, kendala media
puzzle yang digunakan untuk meningkatkan kognitif, serta mengembangkan
kemampuan kognitif dalam penggunaan media puzzle di Pendidikan Anak Usia
Dini Menanti Desa Meribung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode
kualitatif, Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara,
dokumentasi. Dari penelitian peneliti peroleh serta pengkajian terhadap teori-teori
yang ada peneliti memperoleh Kesimpulan bahwasanya:1) penerapan media
puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini: puzzle membantu
meningkatkan kemampuan kognitif pada anak 4 yaitu, Memilih Puzzle yang Sesuai
dengan Usia dan Kemampuan Anak, Memandu Anak dalam Menyusun Puzzle,
Menggunakan Strategi Bertahap, Meberikan Motivasi dan Penguatan Positif. 2) kendala
penerarapan media puzzle dalam meningkatkan kognitif anak usia dini: ada 6 kendala
yaitu, Keterbatasan Sarana dan Prasarana, Perbedaan Kemampuan Kognitif Anak,
Kurangnya Bimbingan dan Pendampingan Guru atau Orang Tua, Kurangnya Motivasi
dan Minat Anak, Tantangan dalam Manajemen Kelas, Faktor Lingkungan dan Waktu
Pembelajaran. 3) Bagaimana media puzzle yang mengembangkan Kemampuan kognitif di
Pendidikan Anak Usia dini: ada 3 cara mengembangkan kemampuan kognitif yaitu,
Melatih Berpikir Kritis dan Logis, Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat,
Mengembangkan Keterampilan Memecahkan Masalah (Problem-solving)

Kata Kunci: Media Puzzle, Kognitif

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:58
Last Modified: 23 Jul 2025 03:58
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2508

Actions (login required)

View Item
View Item