Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASIBELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 48/X BUNGA TANJUNG

Lestari, Sri (2025) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASIBELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 48/X BUNGA TANJUNG. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Sri Lestari
Nim : 204210123
Jurusan/prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk
Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar
Negeri 48/X Bunga Tanjung
Menerapkan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan
hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan
Sosial di Sekolah Dasar Negeri 48/X Bunga Tanjung. Dalam konteks pendidikan,
pembelajaran berdiferensiasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan
keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan
model kemmis dan Mc taggart dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga
pertemuan, sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada
siklus I di peroleh hasil dengan presentase 62%, kemudian pada siklus II meningkat
menjadi 90%. sedangkan pada observasi aktivitas peserta didik siklus I di peroleh
hasil 64% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%. Sementari pada hasil tes
uraian prasiklus memperoleh hasil presentase 25% dari 20 peserta didik hanya 5
peserta didik yang dinyatakan tuntas. Setelah di laksanakan Tindakan pada siklus I
memperoleh hasil presentase 65%, kemudian dari hasil tersebut peneliti
melanjutkan tindakan siklus II dikarenakan hasil siklus I belum mencapai kriteria
yang ingin di capai, setelah di laksanakannya siklus di peroleh hasil presentase 90%
dengan kualifikasi (baik sekali). Berdasarkan ghasil Tindakan pada siklus II telah
mencapai kriteria keberhasilan sehingga tindakan dihentikan. Berdasarkan
perolehan data dari penelitian yang telah di laksanakan maka dapat di simpulkan
bahwa penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi mampi meningkatkan
motivasi belajar peserta didik kelas V sekolah dasar negeri 48/X bunga tanjung
pada pembelajaran IPAS
kata kunci: pendekatan berdiferensiasi, motivasi belajar, IPAS

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:55
Last Modified: 23 Jul 2025 03:55
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2506

Actions (login required)

View Item
View Item