Nurhaliza, Vera (2025) PENERAPANMODELPROBLEMBASEDLEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VSEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUNNAJAH GUNUNG TUJUH. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Vera Nurhaliza
Jurursan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam
Terpadu Darunnajah Gunung Tujuh
Pembelajaran matematika diSekolah Dasar Islam Terpadu Darunnajah menghadapitantangan,
ditandai dengan rendahnya hasil belajar siswa kelas V. Permasalahan ini bersumber dari model
pembelajaran konvensional yang didominasi ceramah, kurangnya keterlibatan siswa, dan kesulitan
dalam memahami konsep matematik. Permasalahan ini diduga Bersumber dalam memahami konsep
matematika. Oleh karena itu diperlukan suatu Model pembelajaran yg dapat meningkatkan hasil
belajar siswa . Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model problem based learning,
berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui
penerapan model problem based learning, Model problem based learning dipilih karena
kemampuannya dalam mendorong siswa untuk aktif memecahkan masalah, mengembangkan
pemikiran kritis, dan membangun pemahaman konsep secara mendalam pada kelas V Sekolah
Dasara Islam Terapadu Darunnajah Gunung Tujuh hasil belajar siswa masih tergolong rendah pada
mata pelajaran Matematika yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan melalaui model problem based learning dengan
presentase nilai rata – rata hasil belajar siswa pra siklus 68%, siklusI 74,95% , siklus II 86,83%
dengan kategori hasil belajar siswa sangat tinggi, dan persentase keberhasilan siswa pada pra siklus
47,82%, siklus I 69,56%, siklus II 100% dengan kategori hasil belajar siswa sangat tinggi.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Model Problem
Based Learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 03:28 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 03:28 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2498 |