Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MEDIA SERBANEKA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MERANGIN

Mayani, Riris (2025) PENERAPAN MEDIA SERBANEKA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 MERANGIN. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Riris Mayani
Nim : 204210193
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Penerapan Media Serbaneka Pada Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Dan Sosial Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4
Merangin

Skripsi ini membahas tentang penerapan media serbaneka pada pembelajaran ilmu
pengetahuan alam dan sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V
madrasah ibtidaiyah negeri 4 merangin. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V madrasah ibtidaiyah negeri 4 merangin
pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial melalui penerapan media
serbaneka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek
penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa kelas V yang berjumlah 26 orang. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.
Penelitian ini menemukan bahwa penerapan media serbaneka dalam pembelajaran
ilmu pengetahuan alam dan sosial berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil
observasi pra siklus menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas V hanya
mencapai 26,92% dengan jumlah siswa yang memenuhi capaian tujuan
pembelajaran (KKTP) sebanyak 7 dari 26 siswa, sedangkan KKTP untuk mata
pelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial adalah 70. Pada siklus I, terjadi
peningkatan dengan nilai rata-rata siswa mencapai 61,53% dan jumlah siswa yang
berhasil meningkat menjadi 16 dari 26 siswa. Selanjutnya, pada siklus II, hasil
belajar kembali meningkat dengan rata-rata nilai siswa mencapai 84,62%, jumlah
siswa yang memenuhi KKTP bertambah menjadi 22 dari 26 siswa. Ditinjau dari
hasil penelitian, maka penerapan media serbaneka dapat meningkatkan hasil belajar

xi

siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial di kelas V madrasah
ibtidaiyah negeri 4 merangin.

Kata kunci : Media Serbaneka, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:26
Last Modified: 23 Jul 2025 03:26
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2497

Actions (login required)

View Item
View Item