Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 13 KOTA JAMBI

Hawalia, Siti (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 13 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nama : Siti Hawalia
Nim : 204201851
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE
REVIEW HORAY (CRH) TERHADAP HASIL BELAJAR
IPS SISWA KELAS VI SDN 13 KOTA JAMBI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) siswa kelas VI di SDN 13 Kota Jambi. Latar belakang penelitian ini
dilandasi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran konvensional dan
perlunya pendekatan yang lebih menyenangkan serta interaktif. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental dan
melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen (VI B) sebanyak 25 siswa dan kelas
kontrol (VI C) sebanyak 25 siswa.
Hasil pretest rata-rata pada kelas eksperimen adalah 65,20 dan meningkat
menjadi 84,80 pada posttest. Sedangkan kelas kontrol hanya mengalami

peningkatan dari rata-rata 64,80 menjadi 75,60. Analisis Independent Sample T-
Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat

perbedaan yang signifikan antara kedua kelas. Selain itu, skor N-Gain kelas
eksperimen adalah 0,56 (kategori sedang), sedangkan kelas kontrol hanya
mencapai 0,28 (kategori rendah).
Temuan ini menunjukkan bahwa model CRH efektif dalam meningkatkan
hasil belajar IPS siswa. Metode ini juga terbukti mampu menciptakan suasana
pembelajaran yang aktif dan menyenangkan, serta meningkatkan minat dan
motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Course Review Horay, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, model
pembelajaran, siswa SD.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 23 Jul 2025 03:20
Last Modified: 23 Jul 2025 03:20
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

View Item
View Item