Aryanti, Feni (2025) PENGARUH PENDIDIKAN, FAKTOR SOSIAL, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG BANK SYARIAH (Studi Kelurahan Pandan Jaya Kabupaten Tanjung Jabung Timur). Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
pendidikan, faktor sosial, dan religiusitas secara parsial terhadap pengetahuan
masyarakat Kelurahan Pandan Jaya tentang bank syariah. Kemudian untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan, faktor sosial, dan religiusitas
secara simultan terhadap pengetahuan masyarakat Kelurahan Pandan Jaya tentang
bank syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data primer kepada
responden secara langsung. Jumlah sampel penelitian ini adalah 100 orang
masyarakat Kelurahan Pandan Jaya Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan berpengaruh positif dan signifikan
secara parsial terhadap pengetahuan masyarakat Kelurahan Pandan Jaya tentang
bank syariah dengan nilai signifikansi 0,000. Untuk faktor sosial berpengaruh
positif dan signifikan secara parsial terhadap pengetahuan masyarakat Kelurahan
Pandan Jaya tentang bank syariah dengan nilai signifikansi 0,001. Selanjutnya
religiusitas berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap pengetahuan
masyarakat Kelurahan Pandan Jaya tentang bank syariah dengan nilai signifikansi
0,029. Kemudian pendidikan, faktor sosial, dan religiusitas berpengaruh positif dan
signifikan secara simultan terhadap pengetahuan masyarakat Kelurahan Pandan
Jaya tentang bank syariah dengan nilai signifikansi 0,000.
Kata Kunci: Bank Syariah, Pengetahuan, Pendidikan, Faktor Sosial, Religiusitas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 03:02 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 03:02 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2487 |