Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Delpha Amir, Raihan (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Raihan Delpha Amir
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Metode Pembelajaran Make a Match Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Aqidah Akhlak Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah
Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas
Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

Penelitian ini mengkaji penerapan metode pembelajaran Make a Match dalam
upaya meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Laboratorium
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin
Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam
pembelajaran Aqidah Akhlak akibat kurangnya variasi dalam metode
pembelajaran yang digunakan, sehingga belum mampu mendorong siswa untuk
berpartisipasi aktif serta berdampak pada rendahnya hasil belajar mereka.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian
Tindakan (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus yang mencakup tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus pertama,
ditemukan bahwa sebanyak 15 siswa atau 68,18% mencapai ketuntasan dengan
persentase aktivitas sebesar 70,31%. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan
dengan 19 siswa atau 86,36% yang berhasil mencapai ketuntasan dan persentase
aktivitas sebesar 83,59%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode pembelajaran Make a Match efektif dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII
D Madrasah Tsanawiyah Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
Kata Kunci: Make a Match, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:57
Last Modified: 23 Jul 2025 02:57
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2485

Actions (login required)

View Item
View Item