Asniyanti, Riyani (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ISLAM DALAM UPAYA MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Kasus Pada Usaha Seblak Bismillah Prasmanan Di Kelurahan Bagan Pete Kota Jambi). Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Pemasaran dapat digambarkan sebagai suatu sistem kegiatan yang saling
terkait yang bertujuan untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan,
dan mendistribusikan barang/jasa kepada pembeli individu atau kelompok
pembeli Pemasaran Islami merupakan bidang bisnis strategis yang mengelola
proses penciptaan nilai, penyampaian, dan perubahan dari pencetus hingga
pemangku kepentingan, dan seluruh prosesnya mengikuti kesepakatan dan prinsip
Al-Quran dan Hadits. Penelitian ini berjudul Analisis Strategi Pemasaran Islam
Dalam Upaya Meningkatkan Omset Penjualan (Studi kasus Pada Usaha Seblak
Bismillah Prasmanan Di Kelurahan Bagan Pete Kota Jambi). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Islam dalam upaya meningkatkan
omset penjualan, kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan dalam
meningkatkan omset penjualan.
Metode dan jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah
Penelitian kualitatif yaitu suatu proses penelitian untuk memahami fenomena-
fenomena manusia atau sosial. usaha Seblak Bismillah Prasmanan telah
menerapkan strategi pemasaran islam antara lain strategi produk berupa selalu
menjaga kualitas produk, strategi harga berupa sesuai dengan harga pasar, strategi
promosi dan starategi tempat. Namun masih ada yang belum di terapkan dengan
baik karena tidak terserapnya promosi itu sendiri karena belum menggunakan
sosmed aplikasi pesan makan online seperti market place untuk menjualkan
produk, penyebab kurangnya antusias pelanggan terhadap promo yang diberikan
karena pelanggan merasa tidak tau untuk datang dan memanfaatkan promo
tersebut.
Solusi untuk mengatasi kendala dengan memberikan bonus toping bebas
pilih seafod dan kerupuk masing-masing 1 item untuk pembelian seblak minimal
15.000 dan juga menerapkan pelayanan yang ramah agar konsumen merasa
nyaman untuk membeli.
Kata Kunci: Pemasaran Islam, Strategi Pada Penjualan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:35 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:35 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2476 |