Amalia, Naufa (2025) PENERAPAN MODEL PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 MERANGIN. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Naufa Amalia
NIM : 201210258
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Penerapan Model Paikem Dalam Pembelajaran Fiqih Di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 5 Merangin.
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Paikem Dalam
Pembelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Merangin. penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Model Paikem dalam
Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Merangin.
Dalam Penelitian ini, Peneliti mengunakan metode deskriptif. Sumber informasi
dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru dan siswa. Adapun teknik
pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data kualitatif ini menggunakan data kualitatif model Miles dan Hubermen
yaitu dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan
kesimpulan. Kesimpulan peneliti ini menunjukkan bahwa Penggunaan Model
Paikem dalam Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri
5 Merangin. (1) Pelaksanaan Model Paikem, berbagai macam variasi seperti
metode ceramah (hanya sebagai pengantar), team quiz, diskusi, reading guide
(bacaan terbimbing), praktek, index card match, (2) Faktor penghambat nya
Tanggapan siswa, waktunya terbatas, Siswa masih banyak yang mengobrol saat
pelajaran dan ketika diberi pertanyaan siswa tidak mampu menjawabnya. (3)
Upaya guru dalam menghadapi kendala yang dihadapi adalah dengan salah satunya
dengan menggunakan ice breaking, pujian, reaward.
Kata Kunci : Penerapan, Pembelajaran Aktif, Fiqih
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:27 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:27 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2472 |