Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 13 KABUPATEN MUARO JAMBI

Husna, Amelia (2025) MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 13 KABUPATEN MUARO JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Amelia Husna
NIM : 203210025
Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam
Judul : Manajemen Sistem Informasi Pendidikan Dalam Meningkatkan
Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menengah Atas Negeri
13 Muaro Jambi

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi
dari manajemen sistem informasi pendidikan dalam meningkatkan penerimaan
peserta didik baru di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Muaro Jambi. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Tenaga Administrasi dan Guru di Sekolah
Menengah Atas Negeri 13 Kabupaten Muaro Jambi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
dari penelitian ini adalah perencanaan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 13 Muaro Jambi mencakup
beberapa tahap penting untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi. Tahap
pertama adalah analisis kebutuhan, di mana sekolah menentukan fitur-fitur yang
diperlukan seperti pendaftaran Online, verifikasi data, dan pengumuman hasil
seleksi. Tahap kedua adalah pemilihan platform teknologi yang mudah diakses oleh
calon peserta didik dan orang tua. Tahap ketiga adalah pengembangan dan
pengujian sistem oleh tim IT untuk memastikan sistem berfungsi dengan baik.
Selain itu, pelatihan bagi staf dan guru juga dilakukan untuk memastikan mereka
memahami cara menggunakan sistem ini dengan benar. Pelaksanaan SIM dilakukan
dengan metode prototyping, memungkinkan pengujian dan evaluasi aplikasi
sebelum pengembangan sistem final. Evaluasi SIM menunjukkan bahwa berbagai
strategi telah diimplementasikan untuk meningkatkan penerimaan peserta didik
baru, termasuk perbaikan platform registrasi Online dan penyediaan informasi
transparan melalui media sosial dan situs web resmi.
Kata Kunci: Manajemen, Penerimaan Peserta Didik Baru, Teknologi
Informasi.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:25
Last Modified: 23 Jul 2025 02:25
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2471

Actions (login required)

View Item
View Item