Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI F-3 di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi

Usman, Nur Azimah (2025) Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI F-3 di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

"ABSTRAK
Nama : Nur Azimah Usman
NIM : 201210260
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI F-3 Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi

Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI F-3 Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar peserta didik masih menunjukkan sikap pasif dalam proses pembelajaran fiqih. Mereka cenderung kurang berani mengajukan pertanyaan, bahkan ketika tidak memahami materi yang disampaikan. Hal ini disebabkan oleh rendahnya rasa percaya diri serta keterbatasan pemahaman terhadap konsep-konsep fiqih yang diajarkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Sedangkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI F-3 MAN 3 Kota Jambi sudah mulai terbentuk meskipun belum merata di seluruh siswa. Guru fiqih memiliki peran yang sangat penting dalam proses ini, tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator, motivator, pembimbing, dan evaluator. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang adaptif, komunikatif, dan kontekstual untuk mendorong siswa lebih aktif dalam berpikir, berdiskusi, dan menganalisis. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan pemahaman siswa terhadap istilah fiqih berbahasa Arab, ditambah dengan karakter siswa yang cenderung santai dan kurang disiplin. Namun, guru mengatasi hambatan ini dengan strategi seperti penjelasan sederhana, pengaitan materi dengan kehidupan sehari-hari, serta penggunaan media dan metode evaluasi yang melatih nalar kritis. Upaya ini membuat pembelajaran fiqih lebih bermakna dan mendorong penguatan berpikir kritis secara bertahap.
Kata Kunci : Peran Guru Fiqih, Berpikir Kritis"

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto UIN Jambi
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:15
Last Modified: 23 Jul 2025 02:15
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2470

Actions (login required)

View Item
View Item