Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPN 35 sarolangun

Muslich, Annisa Aulia (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMPN 35 sarolangun. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian Ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode pembelajaran Crossword Puzzle. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dimana hanya ada 9 siswa (39,13%) mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 75. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan MCTaggart, yang terdiri dari dua siklus masing-masing melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIII. Setting penelitian ini dilakukan di SMPN 35 Sarolangun pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk melihat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus berikutnya. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus, nilai rata-rata siswa adalah 65 dengan hanya 9 siswa (39,13%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) 75. Sedangkan, 14 siswa (60,86%) belum tuntas. Setelah penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 74,78, dengan 13 siswa (56,52%) yang mencapai KKTP dan siswa 10 (42,47%) yang masih belum tuntas. Meskipun ada peningkatan, namun target keberhasilan 75% siswa tuntas belum tercapai. Sehingga dilakukan tindakan pada siklus II dengan melakukan perbaikan metode pembelajaran pada siklus II, hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata sebesar 83,69 dan 20 siswa (86,95%) tuntas berhasil mencapai KKTP. Sedangkan, hanya 3 siswa (13,04%) yang belum tuntas. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Crossword Puzzle efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahdianto UIN Jambi
Date Deposited: 23 Jul 2025 01:51
Last Modified: 23 Jul 2025 01:51
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2456

Actions (login required)

View Item
View Item