Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH MOTIVASI KERJA KEPALA MADRASAH DAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BATANG HARI PROVINSI JAMBI

Handoyo, Usman (2024) PENGARUH MOTIVASI KERJA KEPALA MADRASAH DAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BATANG HARI PROVINSI JAMBI. Masters thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Usman Handoyo 2025, “Pengaruh Motivasi Kerja Kepala Madrasah
Dan Kemampuan Penggunaan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja
Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Batang Hari Provinsi Jambi” Tesis
Manajemen Pendidikan Islam, kosentrasi Teknologi Pendidikan Islam UIN
STS Jambi. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuii
bagaimana pengaruh motivasi kerja kepala madrasah dan kemampuan
penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja guru di MAN 3
Batanghari.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis
pendekatan survei dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling
Subjek penelitian sebanyak 13 guru yang Instrumen utama yang
digunakan adalah kuesoner/angket. Hipotesis, Motivasi Kerja Kepala
Madrasah dan kemampuan penggunaan teknologi informasi berpengaruh
dan signifikan terhadap Kinerja Guru.
Dari hasil penelitian ini menunjukan angka nilai thitung variabel
motivasi kerja sebesar 4,454 dikarenakan nilai thitung> ttabel (4,454 >
2,22814), maka secara uji parsial Motivasi Kerja Kepala Madrasah
memiliki pengaruh terhadap Kinerja Guru. Oleh karena itu maka H0
ditolak, artinya secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara Motivasi
Kerja Kepala Madrasah dengan Kinerja Guru. Dengan demikian hipotesis
diterima. Dan untuk angka nilai variabel teknologi informasi sebesar 4,557
di karenakan nilai thitung> ttabel (4,557 > 2,22814), maka secara uji parsial
teknologi informasi memiliki pengaruh terhadap Kinerja Guru. Oleh karena
itu maka H0 ditolak, artinya secara parsial terdapat pengaruh signifikan
antara Teknologi Informasi dengan Kinerja Guru. Dengan demikian
hipotesis diterima. Besarnya sumbangan nilai R2 sebesar 0,965 atau
setara dengan 96,5% yang sisahnya sebesar 3,5% tidak terdapat pada
penelitian ini.

Kata kunci : Motivasi Kerja, Teknologi Informasi dan Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:21
Last Modified: 22 Jul 2025 08:21
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item
View Item