Akhmadi, Dinda Ayu Nurul (2025) Penerapan Model Pembelajaran Simulation Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Di Sekolah Dasar Negeri 88 Muaro Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Rendahnya kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial kelas IV menjadi salah satu tantangan dalam proses
pembelajaran di SD Negeri 88 Muaro Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan kognitif peserta didik melalui penerapan model Simulation Based Learning.
Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada beberapa
aspek. Persentase ketuntasan belajar kognitif peserta didik meningkat dari 60% pada siklus
I menjadi 85% pada siklus II. Observasi aktivitas guru menunjukkan peningkatan dari
59,37% pada siklus I menjadi 78,12% pada siklus II. Sementara itu, observasi aktivitas
peserta didik juga mengalami peningkatan dari 50,00% menjadi 71,87%. Dengan
demikian, penerapan model Simulation Based Learning terbukti efektif dalam
meningkatkan kemampuan kognitif serta aktivitas guru dan peserta didik dalam
pembelajaran IPAS.
"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto UIN Jambi |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:45 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:45 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2444 |