Purba, Nuriani (2023) IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 9 TANJUNG JABUNG BARAT. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Nuriani Purba
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : “Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan
Keaktifan Belajar Siswa Kelas Xl Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri
9 Tanjung Jabung Barat”.
Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya keaktifan belajar siswa
Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri 9 Tanjung Jabung Barat, sehingga yang di
perlukan dalam mengatasi masalah ini adalah memilih metode yang tepat dan
yang dapat mengatasi masalah tersebut, salah satunya yaitu dengan
menggunakan metode Tutor Sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk
Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI dengan menggunakan
metode tutor sebaya pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Tanjung Jabung Barat. Sedangkan
jenis penelitian yang digunakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK), jenis penelitian ini kolaboratif yang dianalisis secara deskriptif
kualitatif, yang dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengukur
aktivitas guru dan siswa setiap per siklusnya, sedangkan metode wawancara
di gunakan untuk memperoleh gambaran dan situasi di SMK Negeri 9
Tanjung Jabung Barat. Dokumentasi ini berupa foto-foto yang digunakan
sebagai alat bantu untuk menggambarkan apa yang terjadi di kelas pada
waktu pembelajaran berlangsung, dokumentasi ini dijadikan sebagai bukti
bahwa telah diadakan suatu observasi yang sifatnya alamiah dan sesuai
dengan konteks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi
metode tutor sebaya dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI
Multimedia2 pada Mata Pelajaran pendidikan agama islam dengan hasil
penelitian yaitu pada Siklus Pertama (49,62%), pada Siklus ke dua (81,20%),
dan pada Siklus ke tiga (90,23%). Berdasarkan hasil analisis data yang di
peroleh maka dapat di simpulkan bahwa Implementasi Metode Tutor Sebaya
Dapat Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam, dengan melihat peningkatan pada lembar aktivasi
siswa di setiap siklusnya.
Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Keaktifan Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:39 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:39 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2427 |