Mahendra, Raka (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK PRILAKU SOPAN SANTUN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 21 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Raka Mahendra
Program Studi : Pendidikan Agama Isam
Judul : Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Membentuk Prilaku Sopan Santun Siswa Di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 21 Kota Jambi
Skripsi ini dilatar belakangi oleh kurangnya sopan santun siswa terhadap
Guru, pertama sedang mengajar masih ditemukan siswa asik mengobrol di
belakang dan sebagian siswa kakinya kurang sopan di letakkan di kursi atau meja,
siswa masih ada yang terlambat masuk ke kelas ketika bel sudah berbunyi dan
ketika masuk kelas tanpa memberikan salam, ketika diberi PR tidak mau
mengerjakan PR dengan alasan lupa. Tujuan penelitian ingin mengetahui Strategi
Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk prilaku sopan santun, kendala
dan solusi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Prilaku Sopan
Santun Siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 21 Kota Jambi. Subjek penelitian yaitu Pendidikan Agama islam dan siswa.
Jenis datanya yaitu data primer dan sekunder. Sumber datanya berupa manusia,
suasana, foto. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi. Teknik pemeriksaan data yaitu perpanjang keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil temuan dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa pertama Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam
membentuk prilaku sopan santun, yaitu Memberikan bimbingan konseling,
senantiasa menasihati, serta memberi contoh yang baik kepada peserta didik.
Mengadakan kegiatan ekstrakurikuler seperti sholat dhuha, tadarus al–Qur’an
sebelum pelajaran dimulai, pembacaan Surah yasin bersama hari jum’at serta
Menerapkan sistem 5S, yaitu senyum, sapa, salam. Kedua kendala Guru
Pendidikan Agama Islam dalam membentuk prilaku sopan santun yaitu masih
lemahnya kemampuan peserta didik dalam belajar dan, Masih kurang intropeksi
diri dan Masih rendahnya dukungan dari orang tua Ketiga Solusi Guru Pendidikan
Agama Islam dalam membentuk prilaku sopan santun yaitu menasehati siswa
tentang penting nya dalam memilih teman, dan bekerja sama dengan wali Murid.
Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Sopan Santun
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:30 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 02:30 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2424 |