Marlena, Marlena (2025) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 52/IX LEBAN KARAS MUARO JAMBI. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan
metode Discovery Learning , pada kelas IV Sekolah Dasar Negeri 52/IX Leban
Karas hasil belajar siswa masih tergolong rendah pada mata pelajaran Pendidikan
Pancasila yang berjumlah 20 orang pada saat pra siklus. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini
menggunakan instrument pengumpulan data berupa observasi dalam bentuk
lembar observasi, wawancara yang dilakukan bersama guru dan siswa, soal, serta
dokumentasi. Penelitian ini juga mencakup tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah
afektif, dan ranah psikomotorik sesuai dengan judul yaitu tentang hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model Discovery Learning dengan persentase nilai rata-rata hasil
belajar siswa pada pra siklus 52,17%, siklus I 73,95%, dan siklus II 90% dengan
kategori hasil belajar siswa sangat tinggi, dan persentase keberhasilan siswa pada
pra siklus 62,5%, siklus I 87,5%, dan siklus II 93,75% dengan kategori hasil
belajar siswa sangat tinggi. Serta terjadinya peningkatan aktivitas guru dan siswa
siklus 1 25% dan siklus 6,25%.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning , Pendidikan Pancasila."
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto UIN Jambi |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 01:37 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 01:37 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2421 |