Ulpa, Marya (2025) Penggunaan model value clarification technique (vct) untuk meningkatkan sikap toleransi siswa kelas v Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul ittihad kota Jambi. Other thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
"Sikap toleransi menjadi tuntutan dan keharusan dalam bersikap dan berprilaku,
namun kenyataanya yang terjadi dikelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul
Ittihad Kota Jambi siswa kurang menghargai dan menerima pendapat orang lain.
Penelitian ini membahas tentang penggunaan model Value Clarification Technique
untuk meningkatkan sikap toleransi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta
Nurul Ittihad Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc
Taggart yang terdiri dari empat tahap: Perencanaan, pelaksanaan dan observasi,
refleksi, dan perencanaan ulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan sikap toleransi siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila bagi
siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Ittihad kota jambi. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan, dan
teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh hasil dengan
presentase 78% , kemudian pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 92%
kualifikasi baik. Sedangkan pada observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh
hasil dengan presentase 67% , kemudian pada siklus II aktivitas guru meningkat
menjadi 81% dengan kualifikasi baik. Penerapan Model Value Clarification
Technique meningkatkan aktivitas guru dan sikap toleransi siswa, sebagaimana
ditunjukkan oeh data penelitian. Hasil tes ketuntasan belajar dari 35 % (pra siklus)
menjadi 67% (siklus I), hingga mencapai 82% (siklus II). Temuan ini menunjukkan
Model Value Clarification Technique meningkatkan sikap toleransi siswa kelas V
Madrasah Ibtidaiyah Swasta kota jambi pada pembelajaran pendidikan Pancasila"
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mahdianto UIN Jambi |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 01:35 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 01:35 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2419 |