Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, INOVASI, KREATIVITAS DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA INDUSTRI BATIK (Studi Kasus Batik Ariny Jambi)

Setiawan, Adi (2024) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN, INOVASI, KREATIVITAS DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA INDUSTRI BATIK (Studi Kasus Batik Ariny Jambi). Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Keunggulan bersaing merujuk pada strategi yang digunakan oleh perusahaan
untuk menciptakan keunggulan yang lebih efektif dalam pasar. Ini merupakan

elemen kunci dalam kinerja pemasaran untuk menghadapi persaingan. Faktor-
faktor seperti strategi pemasaran, inovasi produk, kreativitas, dan kualitas produk

merupakan penentu utama dari keunggulan bersaing suatu perusahaan. Dalam hal
ini yang menjadi objek penelitian adalah industri Batik Ariny Jambi, sebuah toko
batik yang terkenal dan populer di kalangan masyarakat Jambi. Untuk memastikan

kepuasan pelanggan, usaha ini menerapkan strategi pemasaran yang baik, terus-
menerus mengembangkan inovasi dan kreativitas produk, serta meningkatkan

kualitas produknya agar tetap menjadi unggul di pasar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran, inovasi, kreativitas, dan kualitas
produk terhadap keunggulan bersaing pada industri Batik Ariny Jambi. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pengumpulan data primer
melalui angket (kuesioner) dan observasi dari 100 responden. Analisis data
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji-t, uji-F, dan
koefisien determinasi. Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa strategi
pemasaran, inovasi, kreativitas, dan kualitas produk secara signifikan berpengaruh
terhadap keunggulan bersaing. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 54,7%
variasi dalam keunggulan bersaing dapat dijelaskan oleh keempat variabel
tersebut, sedangkan sisanya 45,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Pemasaran, Inovasi, Kreatifitas, Kualitas, Keunggulan Bersaing.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:27
Last Modified: 21 Jul 2025 07:27
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item
View Item