Hayati, Fitra (2024) PROBLEMATIKA GURU KELAS DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 101/VII RANGGO III SUNGAI DINGIN. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Fitra Hayati
Program Studi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Judul : Problematika Guru Kelas dalam Implementasi Kurikulum
Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 101/VII Ranggo III Sungai
Dingin
Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 101/VII
Ranggo III Dusun Sei Dingin Baru bertujuan memberikan kemandirian kepada sekolah
dalam merancang kurikulum sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Meskipun upaya
matang dalam perencanaan dan penggunaan teknologi informasi, hasil observasi
menunjukkan hambatan dalam pemahaman konsep oleh sebagian guru. Kolaborasi antar
guru menjadi penting dalam merumuskan strategi pengajaran. Perlunya pemahaman akan
keunikan setiap siswa dan lingkungan belajar inklusif menjadi fokus dalam tahapan
pelaksanaan. Tantangan dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai serta
keterbatasan referensi mengenai kurikulum menuntut upaya lebih lanjut dalam
meningkatkan pemahaman konsep dan memperluas akses terhadap referensi berkualitas.
Dengan visi dan misi yang mengedepankan pendidikan holistik, SDN 101/VII Ranggo
III Sungai Dingin berusaha menciptakan lingkungan belajar yang relevan dan inklusif.
Perubahan signifikan terjadi dalam pendekatan evaluasi, namun tantangan seperti
pemahaman dan kesiapan guru serta keterbatasan akses terhadap media pembelajaran
masih perlu diatasi. Dengan pelatihan dan dukungan yang tepat, diharapkan
implementasi Kurikulum Merdeka dapat menjadi lebih efektif bagi pembelajaran siswa
di sekolah ini. Upaya guru dan pihak sekolah di SDN 101/VII Ranggo III Kabupaten
Sarolangun dalam mengatasi problematika yang muncul dalam implementasi Kurikulum
Merdeka menunjukkan komitmen yang kuat. Dengan pendekatan komprehensif,
diharapkan sekolah dapat mengatasi tantangan yang ada dan mengimplementasikan
Kurikulum Merdeka dengan lebih efektif, sehingga memberikan dampak yang positif
bagi perkembangan siswa dan mutu pendidikan secara keseluruhan.
Kata Kunci: Implementasi, kurikulum merdeka
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:22 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:22 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2412 |