Sari Rahma, Kurnia (2024) PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASANSEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL KELURAHAN SENGETI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Loyalitas Pelanggan
Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pedagang Di Pasar
Tradisional Kelurahan Sengeti
Oleh : Kurnia Sari Rahma
Nim : 501180136
Etika bisnis Islam dalam kegiatan berdagang sangatlah penting agar tidak
melakukan tindakan yang menyimpang dari ajaran Islam. Dalam dunia bisnis
persaingan antar sesama pedagang untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas
pelanggan merupakan hal yang wajar, jika memandang secara positif pesaing
bisnis bukan sebagai ancaman melainkan sebagai motivasi untuk lebih maju.
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh secara langsung
penerapan etika bisnis Islam terhadap loyalitas pelanggan, 2) untuk mengetahui
pengaruh secara langsung penerapan etika bisnis Islam terhadap kepuasan
pelanggan, 3) untuk mengetahui pengaruh secara langsung kepuasan terhadap
loyalitas pelanggan, 4) untuk mengetahui secara tidak langsung penerapan etika
bisnis Islam terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan
menggunakan analisis jalur (path analys) dengan responden sampel sebanyak 97
responden. Analisis ini digunakan untuk mlihat pengaruh langsung dan tidak
langsung antar variabel, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) secara
langsung etika bisnis Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
pelanggan, 2) secara langsung etika bisnis Islam berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan, 3) secara langsung kepuasan pelanggan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 4) secara tidak
langsung etika bisnis Islam tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan melalui kepuasan. Adapun setelah diterapkannya etika bisnis
Islam oleh pedagang maka muncul kepuasan tersendiri pada pelanggan yang
menciptakan loyalitas pelanggan yaitu dengan memutuskan membeli pada
pedagang, pelanggan melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan kepada
orang lain, walaupun masih ada salah satu pelanggan yang belum
merekomendasikan kepada orang lain. jadi dapat disimpulka bahwa etika bisnis
Islam yang diterapkan oleh pedagang telah mampu untuk mempertahankan
kepuasan dan loyalitas pelanggan Pasar Sengeti.
Kata Kunci : Etika Bisnis Islam, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan,
Pasar Tradisional Kelurahan Sengeti
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 07:19 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 07:19 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2411 |