Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 KOTA JAMBI

Putri Salsabila, Ranum (2024) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Nama : Ranum Putri Salsabila
NIM : 201200078
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Judul : Implementasi Metode Problem Based Learning dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Kota Jambi

Skripsi ini membahas tentang suatu penerapan metode pembelajaran
Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah
Pertama Negeri 7 Kota Jambi, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
(PTK). Dalam pengumpulan data mengunakan metode Observasi, Wawancara,
Tes Soal, dan Dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengukur
aktifitas guru dan siswa setiap persiklusnya. Metode wawancara digunakan untuk
mengetahui pendapat dan gambaran pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 7 Kota Jambi, metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan
belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode Problem
Based Learning (PBL), dan dokumentasi digunakan supaya mengetahui gambaran
apa yang terjadi di dalam kelas pada waktu pembelajaran berlangsung. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa, penggunaan metode Problem Based Learning
(PBL) mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D di SMP Negeri 7
Kota Jambi yaitu pada siklus pertama rata-rata nilai siswa 74,07% dan mengalami
peningkatan pada siklus II menjadi 88,88%. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Pendidikan Agama Islam dan Budi

Pekerti, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:14
Last Modified: 21 Jul 2025 07:14
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item
View Item