Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODELING THE WAY MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA KELAS IV SD 54/II DESA TELENTAM KECAMATAN TANAH SEPENGGAL KABUPATEN MUARO BUNGO

Ramadhan, Gilang (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODELING THE WAY MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA KELAS IV SD 54/II DESA TELENTAM KECAMATAN TANAH SEPENGGAL KABUPATEN MUARO BUNGO. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul selama proses
pembelajaran menulis di kelas, khususnya pelajaran menulis cerita pendek pada
pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengupayakan adanya peningkatan
terhadap aktivitas belajar dan keterampilan menulis cerita pendek siswa dengan
menerapkan bantuan menggunakan media visual. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis
cerita pendek ini siswa dengan menerapkan bantuan media visual. Metode
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas 2
Siklus yang pada setiap Siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 54/II
Telentam yang berjumlah 11 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan
menulis cerita pendek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini di
antaranya tes, lembar penilaian tes, lembar observasi aktivitas guru dan siswa,
catatan lapangan, wawancara, angket dan jurnal siswa serta dokumentasi. Teknik
analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan
secara kualitatif dan analisis hasil tindakan secara kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menerapkan metode modeling
the way melalui media visual telah dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan
siswa dalam menulis cerita pendek. Pada Siklus I aktivitas proses pembelajaran
siswa mendapat kategori cukup (C), sedangkan pada Siklus II mendapat kategori
baik (B). Sementara itu, rata-rata nilai cerita pendek siswa pada Prasiklus adalah
60,90, Siklus I sebesar 66,36 dan Siklus II sebesar 78.72 dengan ketuntasan
klasikal 100%. Adapun Proses peningkatan pembelajaran menulis cerita pendek
dengan menggunakan yaitu: 1) siswa mempelajari materi unsur-unsur cerita
pendek, 2) siswa mempelajari materi kebahasaan, 3) siswa mempelajari cara
menyusun kerangka cerita pendek berdasarkan media visual, dan 4) siswa menulis
cerita pendek menggunakan media visual. Peningkatan keterampilan menulis
cerita pendek pada Siklus I, dapat meningkatan keterampilan menulis cerita
pendek pada Siklus II.
Kata kunci: Modeling the way, media visual, keterampilan menulis cerita
pendek

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 21 Jul 2025 04:46
Last Modified: 21 Jul 2025 04:46
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2397

Actions (login required)

View Item
View Item