Nover, Fahrizal (2023) Program Guru Thafidz Dalam Membentuk Generasi Qur`ani di Kota Jambi. Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini berdasarkan lemahnya analisa terhadap pelaksanaan Program Guru Tahfidz di Kota Jambi, untuk melakukan ataupun membuat sebuah evaluasi terhadap perkembangan pelaksanaan Program Guru Tahfidz di Kota Jambi tersebut. Penelitian ini bertujuan mengkaji apa saja hal-hal yang dihadapi ataupun yang menjadi kendala di dalam pelaksanaan Program Guru Tahfidz di Kota Jambi.
Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimana solusi Program Guru Tahfidz Dalam Membentuk generasi qur’ani di Kota Jambi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Walikota dan wakil walikota, Tenaga Administrasi bidang pelaksana Evaluasi program tahfizh, Guru Tahfizh, Arsip dan Peristiwa/Kejadian.Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi keterpercayaan hasil penelitian diperoleh dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, kecermatan pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Guru Tahfidz bertujuan untuk mencetak Hafidz dan Hafidzah dalam membangun generasi Qur`ani di Kota Jambi. Pelaksanaannya melalui tahap rekrutmen, Penugasan, Proses pembelajaran dan evaluasi. Pelaksanaan Program ini telah berhasil mewisuda 10.141 peserta didik yang mampu menghafal 1 sampai dengan 5 Juz ayat Al-Qur`an, bahkan ada yang hafal 10 sampai 20 Juz.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Murjoko Murjoko |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:29 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:29 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2371 |