Nurqozin, Muhamad (2024) PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM TERPADU TEBUIRENG III INDRAGIRI HILIR RIAU. Masters thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Full text not available from this repository.Abstract
Di era revolusi industri 4.0 ini menuntut segala pekerjaan dengan menggunakan teknologi sehingga tidak hanya membawa dampak sederhana namun berdampak pada seluruh aspek kehidupan manusia terutama dalam sektor pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kualitas pembelajaran PAI berbasis media digital di SMK IT Tebuireng III, bagaimana pembelajaran berbasis media digital dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMK IT Tebuireng III, dan bagaimana hasil dari proses pembelajaran PAI berbasis media digital di SMK IT Tebuireng III.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data meliputi teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan observasi, trianggulasi, dan diskusi dengan teman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pembelajaran PAI berbasis media digital di SMK IT Tebuireng III sudah sangat bagus. Hal itu ditunjukkan dengan sistem pembelajaran PAI yang memang sudah memakai perangkat-perangkatdigital untuk menunjang perbaikan kualitas pembelajaran. Dengan kombinasi metode konvensional dan metode berbasis digital, pembelajaran PAI menjadi lebih hidup, lebih efektif, dan lebih efisien.(2) Pembelajaran berbasis media digital sangat berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. Dengan media digital, pembelajaran di kelas menjadi lebih hidup, lebih cair, dan lebih menyenangkan. Guru semakin terampil dan siswa semakin aktif. Kualitas pembelajaran yang bagus juga akan meningkatkan hasil belajar siswa.(3)Kualitas pembelajaran yang dihasilkan oleh dampak media digital berpengaruh terhadap beberapa aspek yaitu aktivitas siswa, keterampilan guru, iklim belajar, hasil belajar siswa.Adapun kesimpulan penelitian adalah dengan penggunaan media digital dalam pembelajaran baik berbasis internet ataupun non internet akan meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar PAI. Berdampak positif untuk sekolah, guru yang mengajar, dan siswa yang menerima pengajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Murjoko Murjoko |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:25 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:25 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2369 |