Harahap, Irfan (2023) DAMPAK KEJENUHAN BELAJAR SISWA TERHADAP IKLIM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AINUL YAQIN KOTA JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK
Nama : Irfan Harahap
Nim : 201190025
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul : Dampak Kejenuhan Belajar Siswa Terhadap Iklim
Pembelajaran Fiqih Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah
Ainul Yaqin Kota Jambi.
Madrasah Tsanawiyah swasta Ainul Yaqin Kelurahan Lebak Bandung kota Jambi
beralamatkan di jalan Batam RT 25/02 kelurahan Lebak Bandung kecamatan
jelutung kota Jambi. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan bagaimana iklim pembelajaran fiqih di kelas VIII madrasah
tsanawiyah swasta ainul yaqin kota jambi beserta apa saja faktor terjadinya
kejenuhan belajar fiqih, bagaimana dampak kejenuhan belajar dan upaya yang di
lakukan guru fiqih terhadap kejenuhan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif yang teknik pengumpulan datanya dengan teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian di olah dengan cara
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menjelaskan bahwa Iklim Pembelajaran Fiqih di kelas VIII
Alhamdulillah berjalan dengan lancar, namun ada suatu Kendala yang mana situasi
aktivitas belajar siswa ada yang ribut di kelas, dan ada siswa keluar masuk ruangan,
yang tidur disaat jam pelajaran berlangsung. Lalu cara guru memperhatikan prinsip
perbedaan masisng masing siswa saat belajar adalah dengan cara interaksi yang
baik dan tidak melukai hati siswa dan menggunakan metode yang menarik sehingga
siswa tidak jenuh dalam pembelajaran fiqih dan tak lupa menggunakan evaluasi
disaat jam pelajaran berakhir, adapun faktor terjadinya kejenuhan belajar fiqih
adalah a. Rendahnya motivasi belajar siswa disebabkan karena kurangnya dorongan
dan dukungan dari kedua orang tua kepada siswa, padahal orang tua memiliki peran
yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. b. Hilangnya
Fokus Belajar Siswa penyebab terjadinya kurang fokus belajar siswa akan dibagi
menjadi dua bagian, yang pertama dari lingkungan kelas kemudian lingkungan
sekitar sekolah. Dampak penyebab kejenuhan belajar adalah tidak mengerti apa
yang disampaikan guru, bosan selalu dikasih tugas hafalan, cara guru mengajar
tidak bervariasi, bosan mendengar guru yang menasehati siswa yang lain,
mengantuk dan kelelahan. upaya yang di lakukan guru adalah Meningkatkan
motivasi belajar siswa dan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi.
Kata Kunci : Dampak, Kejenuhan Belajar, Guru Fiqih.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Munsia Andriani |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 03:15 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 03:15 |
URI: | http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2363 |