Logo UIN

Digital Library - UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMP NEGERI 17 SAROLANGUN PROVINSI JAMBI

Febriani, Vivi (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMP NEGERI 17 SAROLANGUN PROVINSI JAMBI. Other thesis, UIN STS JAMBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Nama : Vivi Febriani
Prodi/Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Judul Skripsi : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan
Kecerdasan Emosional Siswa kelas VIII di SMP Negeri 17
Sarolangun

Kecerdasan emosional merupakan suatu pengetahuan mengenai diri sendiri,
kepekaan sosial, empati, dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik
terhadap orang lain. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui Strategi
Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa
kelas VIII.3 di SMP Negeri 17 Sarolangun, faktor pendukung dan penghambat,
serta dampak dari strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan
Kecerdasan Emosional Siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif
deskriptif, yang mendeskripsikan tentang fenomena-fenoma yang ada. Subyek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3, teknik pengumpulan data
menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi dengan pihak sekolah SMP
Negeri 17 Sarolangun. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan
oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional
siswa kelas VIII.3 di SMP Negeri 17 ialah Strategi PBAS (Pembelajaran
Berorientasi Aktivitas Siswa), Strategi pembelajaran Afektif, dan Strategi
pembelajaran Kooperatif. Aspek pendukung yang digunakan oleh guru
Pendidikan Agama Islam dalam mewujudkan suatu strategi ialah metode, media,
materi dan evaluasi. Salah satu faktor yang mendukung dalam meningkatkan
kecerdasan emosional siswa ialah dengan adanya guru-guru yang berkompeten
dibidangnya masing-masing dalam mengajarkan peserta didiknya. Kemudian
faktor penghambat dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa adalah
kurangnya kesadaran diri maupun kurangnya rasa percaya diri pada sebagian
siswa di sekolah, yang dapat menghambat kecerdasan emosional siswa itu sendiri.
Dampak dari strategi yang telah digunakan oleh Guru Pendidikan Agama Islam
dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa ialah siswa lebih bisa mengelola
emosi dan mengontrol dirinya sendiri.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Strategi

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Munsia Andriani
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:52
Last Modified: 21 Jul 2025 02:52
URI: http://digilib.uinjambi.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item
View Item